Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips bermain PUBG Mobile untuk pemula

Tips bermain pubg mobile untuk pemula

Siapa yang tidak kenal dengan PUBG Mobile

Daftar isi bagi yang mau lompat ke penjelasan mengenai PUBG Mobile Guide untuk pemula. 

  1. Setting Tampilan Control dan Sensivitas
  2. Latihan Recoil di Training Mode
  3. Latihan di Arcade Mode
  4. Latihan di Arena Mode
  5. Latihan di Classic Match
  6. EXE Gameplay

Game Mobile yang diadaptasi dari PUBG PC sudah di-Download puluhan juta di seluruh dunia. Game ini pun rilis pada 9 Februari 2018. Meskipun sudah lumayan lama akan tetapi Game Mobile besutan BlueHole dan dirilis oleh Tencent Games

Game Mobile ini ber-genre Battle Royale yang mengandalkan Survival Skill untuk bertahan hidup sampai temans mendapatkan Chicken Dinner atau juara satu. Saya yakin temans sudah sangat paham dengan Game ini.

Meskipun sudah 2 tahunan sejak Game Mobile ini rilis, ternyata masih banyak loh Players yang Skill-nya berkembang. Ingat, saya di sini ingin membahas tips bermain PUBG Mobile untuk pemula dan bukan untuk menang atau mendapatkan Chicken Dinner

Jadi dalam pembahasan kali ini saya akan memberitahu apa saja yang harus temans lakukan atau tips biar jago main PUBG Mobile. Lebih tepatnya mengenai cara bermain pubg mobile pemula. 

Banyak sekali yang menyuruh kita untuk meniru gaya permainan para Pro Player. Gaya bermain tiap orang itu berbeda-beda.

Jadi sesuaikan dengan pribadi dirimu? Apakah anda barbar? Atau berhati-hati sambil menunggu kesempatan menyerang? Atau maunya di-carry tim saja? Haha. 

Tanpa basa-basi lagi mari kita bahas Pubg Mobile Guide to Become Pro. Seperti kata Shroud di salah satu Live Stream miliknya "kalau kalian mau jago main PUBG, harus lebih sering ketemu musuh". Ya, saya sangat setuju dengan perkataan Shroud. Well, kita tahu betapa jagonya Shroud dalam Game tembak-tembakan atau Shooting Game. 

Ini dia trik rahasia pubg mobile untuk menjadi Player jago! 

Jadi jika temans ingin jago dalam bermain Game Mobile maka buang kebiasaan turun di tempat sepi, ngendok di rumah sampai cacing gaming sepanjang permainan! Bagaimana kalian bisa jago kalau tidak mau ketemu musuh? 

Baik. Jadi saya di sini tidak mengatakan bahwa kita tidak boleh ikut latihan atau bahkan jiplak/copy paste settingan para Pro Players. Kita boleh ikut punya mereka tapi temans harus menyesuaikan dengan pribadi dirimu dan Device atau Smartphone yang temans miliki. 

Setidaknya Smartphone-mu mencapai cukup menjalankan PUBG Mobile dengan spesifikasi minimum-nya. 

Oke.. 

Ada beberapa tips dan trik pubg mobile pemula yang harus temans ketahui sebelum terjun ke dalam Classic Match. Diantaranya.. 

Setting tampilan Control atau HUD

Tips mengatur control pubg mobile

Ini sangat penting. Oleh sebab itu saya akan memberikan tips control PUBG Mobile. Untuk masalah ini, temans bisa men-copy punya orang lain. Tapi perlu temans ingat bahwa temans harus memilih untuk main berapa jari. 2 jari? 3 jari? Atau bahkan 8 jari? 

Untuk pemula saya sarankan untuk menggunakan Control 2 jari atau 3 jari (Claw) sebagai permulaan. Posisi atau letak tombol bisa temans setting sesuai dengan maumu. Yang terpenting adalah biar temans nyaman saja dan yang pasti temans bisa ingat posisi tombol.

Jangan sampai mau nembak tapi malah kepencet Heal! 

Itu sebabnya sangat penting agar disesuaikan dengan kebiasaanmu. Tentu temans bisa saja meniru milik orang lain akan tetapi temans bakal membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk adaptasi. Dan hanya akan membuang waktumu. 

Paham kan? Jadi kalau masalah tampilan Control sepenuhnya saya serahkan ke imajinasi temans. Lanjut ke Sensitivity. 

Sensitivitas

Cara mengatur sensitivitas pubg mobile

Tidak kalah pentingnya dengan tampilan Control, sensitivitas harus temans setting agar bisa membuatmu mengarahkan Crosshair-mu ke arah musuh. Baik mari kira mulai dari pengaturan sensitivitas camera PUBG Mobile. Fungsi sensitivitas Camera adalah agar temans bisa mengarahkan camera atau Crosshair-mu ke arah musuh sebelum menembak. 

Seperti pada gambar di atas ada 2 jenis sensitivitas kamera yang wajib temans atur. Yang pertama adalah "Free Look", yang mana Free Look? Yang gambar mata. Bisa scroll ke atas untuk gambarnya. Ada gambar mata di dekat posisi Scope pengaturan kontrol yang saya gunakan. 

Jadi misalnya temans berman Mode TPP atau Third Person Perspective, nah Free Look ini yang digunakan untuk mengecek situasi atau posisi musuh. Misalnya temans di balik tembok. Jadi tidak perlu keluar dari tempat sembunyi kecuali mode FPP atau First Person Perspective

Untuk pengaturan saya sarankan dikasih Max saja atau mentok kanan. Agar tidak terlalu jauh saat menarik tombol Free Look untuk melihat keadaan sekitar. Jika temans merasa terlalu licin atau kencang, turunkan saja sedikit demi sedikit sampai menemukan sensitivitas yang pas. 

Lanjut ke pengaturan kamera yang kedua. 

Fungsi pengaturan kamera ini adalah agar temans bisa dengan mudah mengarahkan Crosshair atau Aim ke arah musuh. Untuk pengaturan ini harus disesuaikan dengan Device atau Smartphone-mu. Semua Smartphone pasti beda tingkat sensitivitas layarnya. 

Saya menggunakan Ipad 6th 2018 untuk bermain PUBG Mobile. Temans bisa meniru pengaturan yang saya gunakan dan menurunkan atau menaikan sensitivitasnya sampai temans menemukan pengaturan yang pas. Meskipun temans menggunakan Gyroscope pun tetap harus diatur. 

Apa itu Gyroscope? Berasal dari kata Gyro. Jadi itu adalah sensor gerak. Jadi mirip Mouse pada PC. Misalnya Smartphone atau Perangkat kita miringkan ke kanan maka Crosshair atau Aim akan bergerak sesuai dengan sensornya. Akan saya bahas di bawah. 

Kita lanjut ke ADS. 

Cara mengatur sensitivitas ads pubg mobile

Fungsi dari sensitivitas ADS adalah untuk mengatur Recoil senjata. Recoil? Itu semacam getaran yang membuat senjata tidak stabil. Kalau di PUBG Mobile Crosshair akan naik ke atas dengan sedikit ke kiri dan ke kanan. Tergantung jenis senjata yang digunakan. 

Di sini saya akan memberikan cara mengatur sensitivitas ads PUBG Mobile. Kalau pada gambar di atas temans bisa lihat saya hanya memakai 1% sensitivitas kecuali No Scope. Loh kok 1%? Karena saya menggunakan Full Gyroscope dan 2 jari. 

Kenapa satu 1%? Karena saat menekan tombol tembak, saya yakin Smartphone-mu pasti agak bergerak sedikit. Nah 1% itu hanya bisa akurasi tembakanmu lebih akurat. Temans boleh meniru ini tapi jika tidak main Gyroscope atau Semi Gyroscrope, nah terus baca ke bawah. 

Cukup mudah untuk mengatur ADS. Temans hanya perlu mengambil pengaturan sensitivitas kamera yang tadi temans atur. Lalu pergilah ke Training Mode. Ambil senjata (Recommend AKM atau M416) tanpa Attachment lalu coba menembak. 

Untuk mengatur Recoil temans hanya perlu menarik tombol tembak ke bawah. Sesimpel itu. Cuma Spray atau tembak terus dan lihat seberapa bisanya temans menjinakkan Recoil senjata. Jika masih susah maka naikkan sensitivitas. Jika terlalu licin, maka turunkan. 

Lakukan ini untuk No Scope, Red Dot/Holo, 2x, 3x, 4x dan 6x. Untuk 8x samakan saja dengan sensitivitas kameramu. Toh 8x dipake untuk Sniper Bolt atau Semi-Rifle. Jadi jangan terlalu licin agar tembakanmu akurat. 

Sudah? Mari kita bahas Gyroscope

Tips mengatur sensitivitas gyroscope pubg mobile

Gyroscope adalah fitur yang sangat penting tapi bukan berarti semua Players wajib menggunakan Gyroscope. Buktinya banyak sekali Pro Players yang tidak menggunakan Gryoscope. Contoh Player kesukaan saya "Ruppo".

Akan tetapi Gyroscrope memang terbukti lebih ampun untuk mengatasi Recoil Senjata. Well kalau misalnya jarimu basah karena keringat pasti akan susah untuk menarik ke bawah. Tapi dengan Gyroscope? Mau tanganmu basah semua pun masih tetap stabil. 

Tips mengatur sensitivitas Gyroscope PUBG Mobile. Ini lagi-lagi harus disesuaikan Smartphone-mu. Misalnya saya. Settingan pada Ipad 6th coba saya terapkan ke Smartphone saya Xiaomi Redmi Note 8 Pro. Alhasil terlalu licin! Itu sebabnya sesuaikan dengan Smartphone atau Device-mu. 

Temans bisa meniru punya saya dan mengaturnya lagi di Training Mode. Seperti biasa jika licin turunkan, jika lemot naikkan. 

Sudah atur tampilan kontrol, sensitivitas kamera, sensitivitas ADS dan Gyroscope? Saatnya kita ke Training Mode untuk latihan. Latihan itu penting untuk membiasakan pengaturan terbaru milikmu. 

Training Mode

Tips memilih attachment pubg mobile

Tempat kamu latihan. Saya akan memberikan tips latihan di traning mode PUBG Mobile biar temans makin jago. Jadi manusia, iya manusia kita. Kita memilih sesuatu yang namanya "Muscle Memory".

Apa itu Muscle Memory? Muscle Memory adalah kebiasaan otot kita. Misalnya temans mengangkat tangan ke atas. Bisa kan? Itu karena otot temans memiliki ingatan tentang hal itu. Jadi otakmu mengirim signal dan ototmu akan melakukan perintah itu. 

Sama halnya di PUBG Mobile. Yang kita latih adalah Muscle Memory di jari-jarimu. Bagaimana cara melatihnya? Gampang. Tinggal latihan saja tiap hari atau setiap ada kesempatan. Jadi jarimu akan terbiasa. Refleknya akan sesuai dengan maumu. 

Ya sama saja seperti belajar ngetik. Sekarang paham kan kenapa harus sering latihan? Dan kalau di dalam Match harus sering ketemu musuh. Bukan ngendok di rumah atau cacing gaming. Sebelum latihan ada hal yang perlu temans perhatikan. 

Latihan pertama adalah mengatur Recoil senjata PUBG Mobile. Tiap senjata memilih Recoil yang berbeda-beda. Untuk pertama kali gunakan M416 dan AKM. M416 memiliki Recoil sedang dan AKM memiliki Recoil yang tinggi. Jadi bisa latihan keduanya. 

Ambil tas, senjata dan pelurunya. Lalu ambil semua Scope kecuali 8x.

Terserah mau mulai dari senjata yang mana. Tembak dalam keadaan berdiri dan coba jinakkan Recoil-nya. Terus latihan sampai temans bisa. Jika merasa cukup, coba tembak dalam keadaan jongkok atau Crouch. Jongkok dalam mengurangi Recoil senjata. 

Tembak dan biasakan agar temans ingat bagaimana Recoil-nya ketika jongkok. 

Sudah cukup? Lanjut ke cacing atau Prone. Saat Prone, Recoil-mu menurun drastis. Itu sebabnya banyak Players yang Prone saat menggunakan 6x Scope untuk Spray. Karena sangat ampuh mengurangi Recoil senjata. Terus lakukan sampai merasa cukup dan ganti senjata. 

Jika temans menggunakan Gyroscope, sama saja latihannya. Bedanya. Kalo yang pakai ADS menggunakan jari. Nah Gyroscope tinggal miringkan Smartphone-mu. Terlalu latihan agar kontrolmu semakin bagus. Belajar Recoil biasa hanya memakan waktu berapa jam saja. Tapi latihan tiap hari agar kebiasaanmu tidak hilang. 

Lanjut ke latihan selanjutnya. Yaitu Aim atau mengarahkan Crosshair. 

Cara belajar aim pubg mobile

Temans bisa ke kiri dekat meja yang ada Scope. Coba arahkan dari target yang satu ke target yang lainnya. Secara cepat. Tapi jangan nembak ya? Ini adalah cara belajar Aim PUBG Mobile yang sudah sangat standar. Yang diuji di sini adalah akurasi mengarahkan Crosshair-mu dan juga reflek. 

Terus lakukan sampai temans mahir berpindah-pindah target. Gyroscope sama saja, tinggal miringkan Smartphone sesuai target. Sudah? Kita lanjut. 

Kali ini coba nembak sambil menggerakkan Crosshair-mu. Ini sulit karena selain harus pindah ke target sebelahnya, temans harus tetap menarik jarimu ke bawah atau di Gyroscope Smartphone dimiringkan ke bawah kiri atau kanan (jadi serong gitu) agar Recoil stabil. 

Susah kan? Itu sebabnya temans harus latihan. Ini penting di saat temans di kepung musuh. Jadi saat musuh pertamamu Knock, temans bisa langsung pindah ke musuh selanjutnya tanpa harus berhenti menembak. Jika sudah mampir, mulai latihan untuk mengincar kepala musuh. 

Masih kuat? Kita ke latihan yang selanjutnya. 

Latihan reflek PUBG Mobile. 

Pada latihan ini temans bisa menggabungkan semua yang telah temans pelajari. Lari serong kiri atau kanan sambil nembak, kecepatan arahkan Crosshair lalu tembak, ganti posisi tembak dari berdiri ke jongkok atau cacing nembak. Dan masih banyak lagi. 

Sebenarnya cukup terbatas latihan di sini karena yang kita hadapi adalah target diam. Tidak bergerak maupun nembak. Tapi setidaknya temans bisa makin jago main PUBG Mobile. Selanjutnya kita akan ke Match alias lawan Player asli. Untuk latihan! 

Arcade Mode PUBG Mobile

Tips bermain arcade mode pubg mobile

Ada 3 Mode dalam Arcade Mode.

1. Quick Match > Mode Acak untuk semua jenis senjata

2. Sniper Training > khusus senjata Sniper

3. War > Senjatanya diacak mirip Quick Match

Temans bebas mau latihan di mana. Saya sarankan main yang War saja meskipun tidak buka setiap hari. Tapi di sini temans bisa dengan bebas menghadapi musuh. Ingat! Jangan pikirkan tentang menang atau kalah. Tujuan kita di sini untuk latihan biar jago. 

Di Game PUBG Mobile ini memang dibuat hampir mirip dengan asli di mana peluru senjatamu akan jatuh ditarik gravitasi. Jadi bisa jadi kalau posisi musuh terlalu jauh maka peluru tidak akan kena. Jadi naikkan Crosshair ke atas sedikit tergantung jarak musuh agar peluru jatuh ke mereka. 

Ini juga mempergaruhi kecepatan pelurumu. Setiap senjata memiki Fire Speed atau kecepatan peluru yang berbeda. Pernah lihat banyak Players yang mengarahkan Crosshair mereka sedikit ke kanan atau kiri dan tidak tepat pada posisi musuh. Itu agar peluru kena musuh. 

Jadi di Mode ini lebih tepat kita akan latihan mengenai mekanik peluru. Terus latihan agar temans terbiasa dengan jarak musuh. Misalnya musuh di jarak 500 meter, nah posisi Crosshair di mana? Belum lagi kalau mereka sambil lari. 

Ini yang dapat membuat kita jago dalam memprediksi hal tersebut. Jadi mau jauh pun, temans tetap bisa membunuh musuh. Gunakan jongkok dan cacing jika Recoil terlalu kuat. Ingat ya, jangan ngendok mulu. Cari musuh. Coba tembak dia. Agar temans makin terbiasa dengah hal ini. 

Arena Mode PUBG Mobile

Tips bermain arena mode pubg mobile

Ada beberapa Mode bisa temans pilih untuk melatih reflek PUBG Mobile. Karena di sini tempatnya kecil maka gunakan untuk latihan Close Combat atau bertarung jarak dekat dan Reflekmu. Main yang Team Deathmatch saja atau Assault

Sekali saya ingatkan (kebanyakan ingatin kau? Tapi pada kenyataan rata-rata player di arena suka ngendok di base) jangan ngedok atau tungguin musuh datang. Maju, cari musuhnya. Nah di sini temans bisa melatih reflekmu. 

Seberapa cepat Crosshair bisa diarahkan ke badan atau kepala musuh. Mengecoh Aim Assist musuh dengan cara jongkok dan cacing. Kagok tidak pas ketemu musuh? Jangan sampai karena kamu gugup bukannya nembak malah diam bengong liatin musuh. 

Mainlah Arena Mode mininal sehari sekali. Biar reflekmu makin mantap dan joss. Jadi temans bisa rasain bagaimana dikatain Cheater padahal memang dasar refleknya saja yang bagus. Tapi memang banyal Cheater sih di PUBG Mobile tapi bisa bedain kok. Kalo ketemu Report saja. 

Saya yakin temans pasti bosan main Arcade dan Arena Mode. Nah saatnya ke Classic Match. 

Classic Match PUBG Mobile

Tips bermain classic match pubg mobile

Sekali lagi, kita di sini buat latihan! Haha~

Saya sarankan main Solo Vs Duo untuk latihan. Kenapa Solo Vs Duo? Biar belajar lawan 2 orang sekaligus, setelah kita bisa lanjut ke Squad Vs Squad dan akhirnya latihan Solo Vs Squad. Jadi pilih yang Duo lalu matikan Auto Matching biar kamu bisa Solo. 

Map yang saya rekomendasikan adalah Erangel dan Sanhok. 

Kalau di Erangel turunlah di tempat ramai seperti Georgopol, Military Base atau semacamnya. Karena kebanyakan turun di situ jadi otomatis ramai. Nah di sini semua hal yang telah kamu pelajari diuji. Ingat jangan ngendok. Loot, ada musuh? Cari dan bunuh. Tapi pake otak ya. 

Kalau musuh di depanmu, kamu bisa memutari dia dan incer dari belakang. Kalau reflekmu sangat bagus ya silahkan barbar dari depan. Banyak hal yang bisa lakukan juga misalnya lempar Frag atau bom. Di sini temans bisa belajar mengatasi situasi. Fast thinking lah pokoknya. 

Semakin sering temans seperti ini maka semakin terbiasa temans dalam mengatasi situasi seperti dikepung beberapa musuh misalnya. Atau cara mengecoh musuh agar musuhmu bingung posisimu di mana dan masih banyak lagi. Kamu bebas melakukan apa saja. 

Lalu untuk Sanhok, turunlah di Paradise atau Boot Camp

Terutama di Sanhok. Rumput di sana lumayan tinggi yang membuat kita susah mencari musuh yang lagi cacing gaming. Ini dapat melatihan kejelian matamu. Dan pendengaranmu. Karena kalau mereka gerak otomatis ada suara dan tentu ada pergerakkan di rumput. 

Mainlah Classic Match minimal 3x sehari. Jangan seperti saya paling 1x sisanya main Arcade atau Arena. Atau off malah kalau lagi malas. Tapi meskipun begitu saya juga suka sering melakukan hal ini. Jadi meski tidal sering sekarang pun ya saya tetap masih ingat kebiasaan ini. 

Intinya tidak cupu lah kalau main lagi. Tentu Skillmu bisa ditingkatkan. Tidak ada batasan. Kamu bisa terus berkembang. 

Mau jago? Tidak ada cara instant. Kecuali mau cheat. Itu sebabnya Pro Players mereka jago-jago ya karena mereka sering main. Mungkin tiap mereka bisa main 8 jam lebih. Bahkan ada yang 24 jam. Dedikasi memang tidak akan menghianati. 

Terus apa yang bisa menghianati kita? Teman setimmu yang udah tahi kamunya Knock tapi tidak mau ditolong agar barangmu diambil. Asa juga yang lempar Frag ke arahmu. Jadi belajarnya solo biar bisa survive sendiri. 

EXE Gameplay

Stress main PUBG karena Too Soon terus? 

Nih saya suguhkan PUBG Mobile EXE. Istirahat sebentar. Balikan moodmu baru main lagi. Hihi. 

Kumpulan PUBG Mobile EXE Gameplay


Semoga bermanfaat... 


Jangan lupa Subscribe ke :

Cindah Gaming Youtube Channel

Untuk Review dan Gameplay Terbaru. 

Mampir juga ke Facebook Page :

Cindah Gaming Facebook Page

Jika temans membutuhkan sarana lain untuk bertanya..

Apakah artikel ini bermanfaat bagi temans? Jika iya, jangan ragu untuk Subscribe Channel Youtube saya. Like, Share dan Comment juga videonya. 

Post a Comment for "Tips bermain PUBG Mobile untuk pemula"

Jadi temans diskusi