Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 tips agar layar Smartphone awet saat bermain Game

Karena Blog itu Niche-nya Game ya saya bahas seputar Game juga. Haha. Game merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Tentunya ingat wakti juga. Nah masalah yang kerap terjadi adalah layar smartphone kurang rensponsif seiring berjalannya waktu. 

Banting hp saat marah

Ya bagaimana kita bisa bermain Game dengan nyaman jika layar Smarphone kita tidak responsif? Yang ada malah banting HP. 


Sebenarnya yang membuat layarmu menjadi kurang responsif adalah kamu sendiri. Kecuali jika Smartphone punya Refresh Rate yang rendah. Refresh Rate itu apa? Intinya adalah seberapa cepat Smartphone menampilkan sesuatu. 

Semakin tinggi Refresh Rate maka semakin cepat proses yang dibutuh Smartphone-mu untuk menampilkan sesuatu. Tentumya semakin besar maka semakin banyak energi atai baterei yang dibutuhkan. 

Layar Smartphone adalah komponen yang selalu digunakan. Tahukah kamu jika keringatmu dapat merusak layar? Dan masih banyak lagi. Nah.. Di bawah ini saya akan sebutkan tips merawat layar Smartphone serta hal yang harus temans hindari saat menggunakan Smartphone. 


1. Gunakan Anti Gores atau Tempered Glass

Tempered glass

"Tapi kan Smartphone saya sudah Gorilla Glass? Jadi tidak perlu lagi Temper Glass External".

Buang jauh-jauh mindset sesat ini. Meskipun sudah Gorilla Glass, temans harus memasang Anti Gores. Ada alasannya kenapa saya mewajibkan temans untuk memasangnya di Smartphone kalian sekarang juga! 

  • Keringat. Tahukah kamu jika asam keringatmu dapat merusak layar? Ya benar sekali. Mungkin tidak sekarang tanpa lambat laun akan merusak. Contohnya saja HP lama saya sering digunakan untuk bermain Mobile Legend dulu. Smartphone saya waktu itu tidak memakai Anti Gores. Alhasil ada bekas jempol bulat, tempat jari saya. 
  • Kotoran. Sudah keringat, kotor pula. Ujung-unjungnya harus lebih sering dibersihkan. Terlalu sering dibersihkan, otomatis akan bergesekan dengan bahan yang kita gunakan. Gesek? Lecet? Ngerti kan sekarang? 
  • Basah. Keringat kan membuat basah layar. Layar Smartphone itu tidak boleh kena Air loh. Memang beberapa Smartphone sudah Waterproof, ya kalau tidak? Makanya penting menggunakan Tempered Glass. 
Selain hal-hal di atas Anti Gores juga tetap akan memberikan perlindungan ekstra. Dulu Smartphone saya pernah kebentur keras. Meskipun sudah Gorilla Glass, saya pasti alan retak. Untungnya saya menggunakan Tempered Glass, alhasil hanya Tempered Glass-nya saja yang retak. 

Harga Anti Gores atau Tempered Glass murah kok. Di kota saya paling murah Rp 15.000. Yang saya gunakan Rp 100.000 yang berbahan plastik. Dan tentunya lebih responsif. 

2. Penggunaan yang kasar

Kasar sekali anda

Main PUBG Mobile dan Knock terus marah lalu layarmu ditekan secara kasar? 

Kaca tetaplah kaca. Penggunaan yang kasar akan merusak layarmu. Jangan salahkan Smartphone, salahkan dirimu yang NOOB. LMAO. 

3. Membersihkan layar sembarangan

Banyak yang menganjurkan untuk menggunakan Alkohol untuk membersihkan layar Smartphone. You know what? Forget it. Alkohol lebih berbahaya dari air biasa. 

Lalu bagaimana cara membersihkan layar? 

Gunakan tisu. Jangan tisu basah atau toilet ya. Awas saja. Atau gunakan kain Fiber. Murah kain Fiber biasanya cuma Rp 10.000. Tapi cek juga halus tidak. Sebenarnya paling gampang adalah pergi ke optik dan beli di sana.

Atau kacamata emakmu? Minta saja kainnya. Daripada tidak dipakai. 

Nah untuk membersihkan kain Fiber. Cuci saja dengan air. Kucek saja. Jangan pakai Rinso atau sejenisnya. Itu akan merusak kain Fiber dan tidak akan menyerap debu lagi. 

4. Bedak

Memang bedak adalah hal yang ampuh mengatasi jari berkeringat. Akan tetapi layarmu akan bekerja ekstra. Akan tetapi bedak juga memiliki bahan kimia. Ada kemungkinan dapat merusak layarmu. 

Memang belum ada kasus sampai saat ini tapi berjaga-jaga saja. Jika temans tetap ngotot menggunakan bedak, bersihkan layar Smartphone-mu dengan kain Fiber setelah bermain. 

5. Pakai Finger Sleeves

Sarung jempol hp

Finger Sleeves atau Sarung Jari/Jempol ini sudah viral di mana. Ampung mengatasi keringat agar tidak kena layar. Tapi perhatikan juga bahannya. Cari yang halus. Dan tentu saja responsif. Murah kok mulai Rp 5.000 dan bisa temans pakai sampai berbulan-bulan. 

6. Smartphone panas

Smartphone panas

Coba kamu main saat Smartphone-mu sudah sangat panas seperti strika. Tidak responsif kan? Jika ini diteruskan akan merusak layarmu secara permanen. 

Ini juga berhubungan dengan Charger KW atau beda mereka. Pastikan Charger yang kamu gunakan Output-nya sama dengan Charger Original. Ada beberapa kasus di mana dapat membuat Smartphone panas sekali karena Output berlebih. 

7. Upgrade OS

Selalu Upgrade OS-mu agar layarmu tetap responsif. Saya melarang temana untuk Root Smartphone dan menggunakan UI 3rd Party! Kenapa? Karena kemungkinan besar tidak sesuai dengan kinerja Smartphone-mu. 

Sudah 2020, UI bawaan dari Brand Smartphone saat ini sudah sangat bagus. Jadi tidak usah sok kotak katik.

8. Jangan banting

Lempar hp

Ya iyalah jangan dibanting. Tapi tetap saja ada yang sangkin emosinya Smartphone-nya dibanting. Mungkin tidak retak, tapi dalamnya? Kebentur juga bisa membuat komponen di dalam rusak. Jadi hati-hati. 

Kecuali HP Nokia Jadul. 

9. Ganti LCD Smartphone muahal

Benar sekali. Sangat mahal. Minimal dapar merogok gocek sebesar Rp 800.000-an. Gorilla Glass bisa lebih mahal layar. Mending beli Smartphone baru sekalian. Kecuali Smartphone-mu di atas Rp 8.000.000, nah masih Worth It. 

Mudah kan? Apalagi jika Budget-mu pas-pasan untuk membeli Smartphone baru. Hal-hal simpel ini dapat kamu lakukan untuk merawat Layar. Saya menggunakan Samsung Galaxy S6E hampir 6 tahun, saat Smartphone itu pertama kali keluar. Dan masih awet layarnya. Hanya saja baterei sudah kembung dan ada bekas jari di layarnya. 

Akan saya Upload gambarnya nanti setelah saya keluarkan dari lemari haha. 

Intinya balik ke diri kita masing-masing. Umur Smartphone bisa sampai 5 tahun. Khusus produk Apple bisa sampai 10 tahun. Meskipun bisa sampai 10 tahun akan tetapi Apple terkenal dengan tingkah laku mereka yang malas memberika Upgrade ke produk lama. 

Satu-satunya produk Apple yang saya gunakan adalah Ipad 6th 2018. Untuk Smartphone saya lebih memilih Android. Selain murah meriah, Open Source adalah yang saya cari. Jadi bebas mau ngapain aja dengan Smartphone saya. 

Dan tentunya selalu mendapatkan Update... 

Post a Comment for "9 tips agar layar Smartphone awet saat bermain Game"

Jadi temans diskusi