Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menghemat kuota internet agar awet

tips hemat kuota internet


Menghemat kuota internet agar awet. Internet adalah hal yang sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari hidup kita. Dunia maya memiliki ruang tak terbatas yang menyimpan segala informasi. Tanpa internet maka kita tidak bisa mengakses dunia maya ini. 

Apalagi saat pandemi seperti ini. Physical Distancing atau jaga jarak ini sudah membatasi aktifitas sehari-hari kita. Banyak sekali pekerja yang harus bekerja dari rumah. Tanpa internet, maka kita tidak bisa bekerja. 


Baik komputer ataupun Smartphone keduanya membutuhkan internet. Pada kesempatan ini saya akan memberikan beberapa tips agar mengurangi penggunaan kuota internet yang tidak perlu atau penting. 

Ini sangat berguna karena kita harus berhemat. Dengan penghasilan yang tidak menentu seperti saat ini. Apalagi jika kuota akan dipakai untuk Upload laporan kerja. Atau mungkin tugas sekolah. Atau mungkin Video Conference. Atau mungkin kelas online misalnya. 

Dan masih banyak lagi. 

Tanpa basa-basi lagi ini dia tips dan trik tentang bagaimana cara menghemat kuota internet. 


Pilih provider internet terbaik

Saya tidak bisa mengatakan penyedia jasa internet selular mana yang terbaik. Karena setiap daerah memiliki harga dan kuota yang berbeda. Tips memilih provider internet selular adalah dengan melihat kuota yang mereka tawarkan. 

  • Hindari kuota yang ada embel-embel 3rd party software. Maksudnya kamu harus menggunakan aplikasi tertentu untuk menggunakan kupta itu. Jika tidak, ya hangus kuota itu. 
  • Harga. Sangat penting melihat harga yang ditawarkan. Kalau bisa lebih murah, kenapa tidak? 
  • Kualitas. Koneksi adalah yang terpenting. Itu sebabnya saya katakan tiap daerah berbeda. Karena kualitas tower sinyal di sana pasti berbeda. Kondisi lingkungan juga sangat berpengaruh. Misalnya banyak pohon. 

Install aplikasi yang diperlukan saja

Jangan isi aplikasi tidak penting. Tahukah kamu jika beberapa aplikasi menggunakan kuota internet tanpa kamu sadari? Untuk apa? Untuk mengirim data, Update dan sebagainya. 

Isi yang penting saja. Misalnya anda pengguna Facebook. Ya sudah Facebook saja yang diisi. Jangan diisi Instagram, Twitter dan lain-lain padahal kamu sendiri tidak pernah menggunakannya. 

Jadi hapus aplikasi yang membutuhkan koneksi internet yang tidak terpakai. 

Update aplikasi

Kadang aplikasi akan meng-update dirinya sendiri. Tips ini bisa kamu terapkan ke Playstore, Appstore maupun aplikasi Downloader lainnya. Dengan begitu aplikasi tidak akan seenak jidat update. 

Caranya dengan buka menu, pilih setelan/setting lalu pilih "update otomatis menggunakan wifi".

Gunanya agar aplikasi hanya akan melakukan update saat koneksi WIFI tersambung ke HP-mu. Update aplikasi sangat penting jadi tetap harus kamu lakukan. Tapi sebelum itu mungkin numpang WiFI tetangga dulu. 

Jangan main Game online

Game online adalah aktifitas yang seru. Bahkan kamu tidak akan sadar bahwa kamu sudah bermain berjam-jam. Bermain Game Online sangat menyita kuota internet. Terutama Game Mobile. 

Jadi jika kamu ingin bermain Game, carilah Game Offline. Kamu bisa mampir ke Rekomendasi Game Mobile, lalu cari dengan kata kunci "Offline". Di sana tersedia beberapa Game Offline yang mungkin bisa menghilangkan rasa jenuhmu. 

Jangan streaming

Nyatanya adalah streaming apalagi live streaming lebih banyak memakan kuota daripada men-download. Ini fakta yang harus kamu ketahui. Saya tahu bahwa banyak sekali yang suka menonton Live Streaming. Tapi jika kamu ingin berhemat, maka berhenti. 

Jika kamu ingin menonton sesuatu misalnya di Youtube, temans bisa men-download saja. Caranya? Ikuti cara berikut Cara men-download video youtube tanpa aplikasi

Tentunya kamu hanya perlu men-download sekali saja dan bisa ditonton selamanya tanpa kuota lagi. Streaming membutuhkan kuota yang besar. Misal 1 video = 100 MB (tergantung kualitas video), hitung sendiri berapa kali kamu menonton. 

Seandainya kamu tetap bandel tetap mau streaming. Turunkan kualitas videonya ke 144p. Burik? Iya pake banget. Tapi kuotamu tidak terkuras. 

Batasi penggunakan internet selular

Menggunakan internet akan membuat kita lupa waktu. Itu sebabnya lebih baik dibatasi kuota yang bisa kamu gunakan setiap hari. Agar bisa lebih berhemat. Caranya? 

Masuk ke setelan/setting > cari penggunaan data > siklus penggunaan. Di situ kamu dapat mengatur kira-kira berapa kuota yang bisa kamu pergunakan setiap harinya. 

Jika sudah mencapai batas maka HP-mu akan mematikan koneksi internet. Setelah itu jangan iseng ya diaktifkan kembali. That is enough internet for today. 

Memasang WIFI

Sebagian besar provider WIFI rumahan sudah menggunakan sistem kuota Unlimited, dengan FUP (Fair Usage Policy). Apa itu FUP? Meskipun Unlimited, setiap bulan kita dikasih kuota. Jika sudah habis kuota-nya, kita masih bisa memakai internet tapi kecepatan akan turun. 

Lebih mahal? Tentu saja. Tapi jika di rumah banyak orang, WIFI akan sangat efektif. 

Jika kamu sendiri, mungkin kamu bisa ke tempat yang menyediakan WIFI gratis. Tentunya pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan agar terhindar dari virus Covid-19. 

Google Maps atau sejenisnya

Google Maps apalagi yang menggunakan fitur Live Situation atau keadaan sebenarnya, sangat memakan kuota. Jika kamu terpaksa menggunakan Map saat bepergian, download saja Map-nya

Bisa? 

Bisa. Sebelum itu kamu atur dulu posisi awal dan akhir. Setelah itu tinggal kamu Download versi Offline. 

Sesuai kebutuhan

Jika kamu ingin upload, download, streaming dan sebagainya yang membutuhkan kuota besar. Gunakanlah WIFI. Internet Selular sering putus nyambung koneksinya. Bayangkan saat kamu upload, dan harus mengulang kembali. 

Temans bisa menggunakan WIFI Unlimited dengan kecepatan rendah. Pastinya jauh lebih murah. 

Semoga bermanfaat... 

Post a Comment for "Menghemat kuota internet agar awet"

Jadi temans diskusi