Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Odading kue Bandung yang viral

Odading

Kue ini mempunyai banyak nama salah satunya Odading. Dulu di tempat saya nge-kost ada mas gorengan yang menjual kue ini juga tiap jam 4 sore. Tapi namanya kue bantal. 

Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan juga manis. Saya juga sering mencelupkan kue ke dalam selai coklat untuk membuatnya makin enak. Sambil minum teh manis hangat di sore hari. 

Viralnya kue ini terjadi saat munculnya video di sebuah di Bandung milik Mang Soleh. 

Ternyata yang membuatnya trending adalah saat Mang Soleh melayani pembelinya. Dengan menggunakan nada tinggi atau ngegas atau seolah-olah lagi marah. Haha. 

Kue ini sangat gampang ditemukan di Bandung. 

Sebenarnya ada asal usul nama kue ini. Dulu ada sebuah keluarga asal Belanda yang tinggal di Indonesia. Bocah ini meminta ibunya membelikan kue yang dijual warga sekitar. 

Karena tidak tahu nama kuenya, bocah itu langsung menuju ke penjual dan menunjuk kue yang dimaksud. Dan ibunya berkata "o dat ding" yang artinya "oh yang itu". Semenjak itulah Odading digunakan. 

Karena video Mang Soleh, kue ini jadi viral. Dan di beberapa tempat bahkan sampai rela mengantri demi kie ini. 

Padahal kue ini sudah ada yang sangat lama. Dan sering ada di penjual gorengan. Haha. 

Bagi yang penasaran dengan kue tapi tidak mau beli dan ingin membuatnya. Bisa cobain resep yang saya temukan di internet ini. 

Resep Odading dari resepkuerenyah.com

Bahan-bahan membuat kue Odading

  • 1/2 kg tepung terigu
  • 1 gelas air hangat (200 ml)
  • 2 sdm ragi instant
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt garam halus
  • 200 gr gula pasir
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Odading

  1. Campurkan bahan-bahan utama yaitu tepung terigu, gula pasir, garam dan ragi instant dalam satu wadah kemudian diaduk hingga tercampur rata.
  2. Kocok telur (tidak perlu terlalu lama) kemudian masukkan dalam adonan lalu diaduk kembali hingga rata.
  3. Tuangkan air yang sudah dipersiapkan sedikit demi sedikit pada adonan sambil terus diuleni sampai adonan benar-benar kalis.
  4. Tutup rapat wadah adonan sekitar 30 menit atau kira-kira sudah mengembang.
  5. Setelah itu ambil adonan sedikit demi sedikit kemudian dibentuk bulatan-bulatan kecil (atau sesuai selera). Begitu terus hingga adonan habis.
  6. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, masukkan bulatan-bulatan kue Odading (usahakan semua bulatan terendam minyak agar tingkat kematangannya merata).
  7. Goreng Odading sambil diaduk perlahan, tunggu hingga warnanya berubah kuning kecoklatan. Setelah itu angkat lalu tiriskan.
  8. Kue Odading yang manis dan lezat siap disajikan hangat-hangat.
Semoga berhasil.... 

Post a Comment for "Odading kue Bandung yang viral"

Jadi temans diskusi