Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 tips agar mata tidak cepat lelah saat menggunakan Smartphone

Dampak menggunakan smartphone terlalu lama

Sebelum kita masuk ke pembahasan mata lelah karena Handphone atau Smartphone, mari kita bahas ciri mata lelah karena HP. 
  1. Mata kering, hal yang sangat umum terjadi di saat kita terlalu lama menggunakan Smartphone. 
  2. Mata gatal, karena mata kita kekurangan cairan maka akan menjadi gatal. Tapi jangan dikucek ya. 
  3. Kelopak mata terasa berat, ini adalah tanda mata kita sangat lelah dan membutuhkan istirahat. 
  4. Tidak fokus, otomatis tidak bisa fokus. Karena otak kita sudah memberikan sinyal lelah dan saat temans istirahat. 
  5. Pandangan kabur, ini tandanya temans sudah ngantuk berat. 
Inilah dampak dari sinar biru HP. 

Sinar biru

Sinar biru atau Blue Light adalah pencahayaan di Smartphone kita dan Device lainnya. Tapi saya kali ini hanya membahas dampak dari Smartphone. 

Sinar Biru inilah biang kerok dari 5 masalah yang terjadi di 5 masalah di atas. Meskipun begitu ada juga sisi positifnya. Yang bisa dimanfaatnkan sesuai kondisi. 
  1. Produktif, menurut penilitian bahwa Blue Light bisa membuat kita semakin produktif. Lihat bagaimana orang bisa menemukan ide-ide cemerlang di depan Smartphone atau PC. 
  2. Fokus, sinar biru akan membuat kita fokus. Lah? Kan di atas disebutkan dapat membuat tidak fokus. Iya jika matamu sudah lelah. Justru karena dipaksa fokus maka matamu akan cepat lelah. Paham? 
  3. Terjaga, obat penghilang ngantuk. Coba saja jika temans mulai mengantuk mainlah Smartphone. Pasti akan hilang dalam sekejap. Dan akan kembali lagi jika temans berhenti bermain Smartphone. 
Fokus di depan kamera

Jadi sekarang temans paham kan dampak positif dan negatif dari Blue Light ini. 

Di era serba digital ini, khususnya Game, banyak sekali orang-orang yang menghabiskan waktu berjam-jam menggunakan Smartphone. 

Tidak sedikit anak-anak jaman sekarang yang sudah menggunakan kacamata. Kecuali memang itu dari genetik. Kita sebut saja Game yang sering dimainkan anak-anak adalah Free Fire

Free fire

Kita tidak bisa menyalahkan Game-nya melainkan orang itu sendiri atau Player. Saya pernah melihat berita di TV judulnya "Orang tua membelikan Smartphone agar anaknya bisa belajar Online".

Tapi tahu tidak apa yang anaknya lakukan di depan kamera? Lagi main Free Fire. Wkwkwkwkw. Lucu saja melihatnya. Ini hanya sedikit Jokes ya biar kamu tidak terlalu serius. 

Oke balik lagi ke pembahasan. Bukan hanya anak-anak akan tetapi orang dewasa pun sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk Smartphone. Memang kehidupan sekarang tidak bisa lepas dari Gadget

Untuk itu saya akan memberikan tips agar mata tidak cepat lelah saat menggunakan Smartphone. Yang paling parahnya adalah membuat mata kita semakin minus. 

1. Atur cahaya atau Brightness

Cahaya smartphone terlalu terang

Sering saya menemukan mereka yang menggunakan tingkat cahaya sampai 100%! Gila kamu. Batas maksimal tingkat cahaya adalah 30% di siang hari atau dalam keadaan terang. Di malam hari atau gelap, turunkan cahaya sampai di bawah 10%.

Selain membuat matamu cepat kering, baterei Smartphone-mu juga akan cepat habis. 

2. Gunakan Mode Baca

Mode baca smartphone

Smartphone saat ini sudah dilengkap dengan Mode ini. Mode ini hanya akan membuat layar Smartphone berwarna kuning. Dengan begitu cahaya biru akan berkurang. 

3. Kacamata dengan Blue Shield

Pria berkacamata

Tidak harus menggunakan kacamata hanya saat matamu sudah minus. Yang belum minus pun boleh menggunakan kacamata. Gunakan saja kacamata polos, bukan untuk yang minus atau plus matanya. 

Dulu saat membuat kacamata dengan Blue Shield saya harus menambah ongkos sekitar Rp 100.000-an untuk itu. Mungkin sekarang sudah naik lagi. 

Fungsinya sama dengan Mode Baca. Jadi kacamatamu akan ada sedikit warna kuning. Warna kuning yang akan membantu menfilter atau mengurangi cahaya biru yang diterima mata kita. 

4. Posisi pandangan

Posisi pandangan mata dengan smartphone

Posisi mata kita harus sejajar dengan Smartphone kita. Misalnya saat kita duduk, sering kita menaruh Smartphone di paha kita dan kita melihat ke bawah

Ini yang menjadi bahaya. 

Selain itu jarak ideal antara mata dan Smartphone kita adalah 35-60 cm

Terlalu jauh? Coba temans biasakan. Lama-lama pasti akan terbiasa. 

5. Tiduran

Bermain smartphone sambil tiduran

Siapa bilang kita tidak boleh bermain Smartphone saat tiduran? 

Anda bisa bermain sambil tiduran tapi posisinya yang benar. Seperti pada tips nomor 4. Kita tidak boleh melihat le arah bawah. Sama kita tidak boleh melihat ke atas. Sering kan temana tiduran lalu Smartphone-mu dipegang ke atas? 

Jika temans ingin bermain sambil tiduran, silahkan tidur menyamping dan sejajarkan Smartphone dengan arah matamu. 

Meski begitu bermain Smartphone sambil tiduran tetaplah salah. Jadi kurang-kurangin, atau bahkan hentikan saja. 

Ini menurut penelitian ya. Tapi pengalaman pribadi juga sih. Yang membuat mata saya tidak cepat lelah. 

6. Dalam keadaan gelap

Gelap woi

Masih menyangkut sambil tiduran. Keadaan gelap akan membuat mata kita terlalu fokus ke cahaya Smartphone! Ini yang membuat mata kita bisa jadi minus. 

Jadi pastikan jika temans ingin bermain Smartphone, nyalakan lampu ruanganmu. Atau temans bisa membeli lampu tidur dengan cahaya yang tidak terlalu terang. 

7. Waktu

It is time to stop meme


Maksimal bermain adalah 2 jam. Jangan lewat dari itu. Jika temans ingin bermain lagi, silahkan istirahatkan mata kurang lebih 1 jam.

Dengan begitu mata kita punya waktu untuk beristirahat dan menghilangkan rasa lelah.

Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan Vitamin A. 

Kiranya tips di atas dapat mengatasi mata lelah karena HP. Kita tidak bisa menyalahkan Game atau Device-nya karena sebetulnya itu adalah salah penggunanya. 

Jadi bijaklah dan atur waktumu. Terutama untuk orang tua jaman now. Tolong anaknya diatur. Jangan karena agar anaknya tidak bantel lalu dikasih main Smartphone seharian. 

Saya pernah melihat bocah SD yang membuat Channel di Youtube mengenai Free Fire. Masih SD tapi sudah menggunakan kacamata. 

Jujur saya salahkan orang tuanya. Saya tahu dia ingin menyalurkan hobby tapi diatur waktu bermainnya. Jangan lihay karena duit dari Youtube gede terus kamu biarkan saja anaknya seperti itu. 

Ingin berkata kasar tapi sayangnya saya tidak punya hak untuk berkata seperti itu kepada mereka... 

1 komentar untuk "7 tips agar mata tidak cepat lelah saat menggunakan Smartphone"

Jadi temans diskusi