Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips menjadi Youtuber untuk pemula 2020

Di era serba Digital ini, banyak sekali pekerjaan yang mulai bisa dilakukan di dunia maya. Kali ini saya akan membahas mengenai Youtuber. Youtuber sudah bisa dikatakan sebagai sebuah pekerjaan setelah Channel kita dapat di-Monetize atau bisa diiklankan. Jadi bisa dikatakan Youtuber adalah pekerjaan yang menghasilkan banyak uang. 
youtuber pemula indonesia

Maksud dari Monetize secara lebih detail adalah di saat kita meng-Upload atau mengunduh sebuah Video maka Google Adsense selaku penyedia Iklan, akan menampilkan iklan di Video kita. Tapi kali saya tidak akan membahas mengenai Adsense atau pendapatan seorang Youtuber.


Daftar isi untuk lompat ke topik
  1. Algoritma Youtube
  2. Tips menjadi Youtube
  3. Dilema Youtube
  4. Youtube atau Content Creator
Karena jujur Channel Youtube Cindah Gaming sendiripun belum di-Monetize. Channel itu hanyalah sebuah tempat untuk menyimpan Video. Tapi kadang saya juga suka membuat EXE Gameplay atau Gameplay lucu. Meskipun receh dan tidak ada yang nonton, tidak masalah. *padahalkecewatidakadayangnonton*

Jadi di artikel kali ini saya akan sedikit Share atau berbagi pengalaman saya sebagai Youtube selama kurang lebih 5 bulan ini. Dan saya juga akan menjelaskan sedikit mengenai tips dan trik untuk youtuber pemula. 


Apakah jadi youtuber itu susah?

youtuber gagal

Susah pakai banget.


Kenapa? Algoritma Youtube 2020 adalah biang keroknya.

Apa itu Algoritma? Algoritma adalah sekumpulan Code untuk menjalan sebuah sistem. Tanpa Code ini Youtube tidak bisa bekerja. Setiap tahun Youtube selalu memperbaharui Algoritma ini. Tanpa sepengetahuan kita, akan tetapi jika temans adalah Youtuber yang sudah berpengalaman pasti akan merasakan ini.

Latar belakang saya adalah Programmer. Jadi saya kurang lebih mengerti mengerti Algoritma. Karena jujur saat pertama kali kuliah di jurusan Information Technology, mata kuliah yang pertama kali kami dapatkan adalah Algoritma. Yang menjadi dasar semua programming.

Saya yakin temans akan bilang "Channel Youtubemu saja Subs cuma segitu mau ajarin orang?". 

Hey, kamu ingat para Influencer Subs-nya masih 0 pun mereka Upload Video ke Youtube ajarin orang nge-Youtube? 

Sudah dijelaskan di atas kan. Kenapa channel baru itu susah bekembang. 

Kita balik lagi ke masalah Algoritma Youtube. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Youtube suka dan mau merekomendasikan Channel kita. Diantaranya :
  1. Watchtime. Watchtime adalah seberapa lama waktu yang dihabiskan penonton saat menonton video kita. Semakin lama maka Youtube akan berpikir bahwa video kita disukai orang.
  2. Like, Comment dan Share. Sangat penting. Terutama Comment. Itu sebabnya para Youtube yang suka memberikan Giveaway selalu minta kalian untuk meninggalkan komentar.
  3. Durasi. Youtube suka video dengan durasi di atas 10 menit. Kenapa? Simpel saja. Semakin lama videomu semakin banyak iklan yang dapat dipasang.
rekomendasi youtube channel indonesia

Sebelum saya menjadi Youtuber pada Maret 2020 yang lalu, saya adalah penonton setia Youtube. Bahkan semenjak saya kenal Youtube pada tahun 2010, saya sudah tidak pernah menonton TV lagi. Ini adalah hal yang saya rasakan. Betapa susahnya agar video kita mau direkomendasikan Youtube saat ini.

Jika kita bandingkan dengan Algortima Youtube pada tahun 2018 ke belakang, Algoritma-nya hanya sekedar "kamu punya banyak view? oke kita sebarkan videomu". Hanya itu. Dan tentunya sangat bersahabat dengan Content Creator. Itu sebabnya Youtuber terkenal yang sekarang adalah meraka yang mulai dari tahun 2018 ke belakang.

free fire indonesia

Kecuali anda Youtuber Free Fire dan Mobile Legends atau PUBG Mobile. Giveaway. Buat drama dan klarifikasi. Dan sebagainya.

Banyak Influencer Youtube yang mengajari cara menjadi seorang Youtuber, mereka selalu memberikan tips dan trik. Jujur kita tidak bisa ikut saja apa yang mereka katakan. Contohnya saya. Optimasi SEO, buat Thumbnail menarik, video durasi lama dan sebagainya. Semua sudah saya lakukan. Mau bilang saya Noob Youtuber? Silahkan.

Nyatanya adalah Algoritma Youtube lah yang menjadi masalah. Bahkan Youtuber Legends pun sering membahas ini. Temans tidak bisa samakan kita dengan mereka yang sudah mempunyai Subscribers jutaan. Meskipun seandainya Youtube menghapus Algoritma-nya, tetap ada yang akan nonton konten mereka.

Bisa temans lihat Channel Youtube saya, yang sudah tidak terlalu mikirkan itu semua. Kecuali konten PUBG Mobile EXE Gameplay. Di mana saya suka buat konten seperti itu, meskipun tidak lucu, jelek dan tidak berbobot. Saya tetap akan terus membuat EXE Gameplay. Karena saya suka. Mau di-dislike pun silahkan. Toh saya tidak pernah buat drama atau kasus di Youtube. Haha. Santuy~

Meskipun saya sudah tidak terlalu fokus pada Optimasi Youtube, saya tetap sarankan temans yang ingin menjadi Youtuber sukses untuk melakukan itu semua. Jadi di bawah ini saya akan memberikan cara menjadi Youtuber sukses untuk pemula di tahun 2020 yang selama ini saya pelajari. Saya juga akan memberikan sedikit pandangan yang kiranya dapat menjadi pertimbangan.

Ini dia tips agar video Youtube banyak Viewer dan cara agar Video Youtube muncul di halaman pertama.

1. Konten berkualitas

konten youtube berkualitas

Konten berkualitas itu Subyektif. Kenapa? Bagus untuk kita belum tentu bagus untuk orang. Dan sebaliknya. Sudah banyak sekali video di Youtube. Temans bisa menonton mereka dan sedikit menirukan cara mereka membuat sebuah konten.

Jangan disalahartikan ya. Maksud meniru adalah temans lihat cara dia membawakan sebuah konten, cara dia meng-edit video dan lain-lain. Bukan ambil videonya lalu kamu Upload ulang. Kecuali itu konten Fair to Use, alias tanpa Copyright.

Ini yang harus temans perhatikan karena konten adalah segalanya. Misalnya saya. Karena saya suka Ragnarok Online, makanya Outro saya menggunakan Amatsu Town Remix Music Theme. Tidak ada konten yang unik karena semua konten sudah ada di Youtube.

Lalu bagaimana agar video kita bisa unik?

Be yourself and never surrender.

Meskipun kalimat ini Toxic untuk Giveaway, nyatanya memang kalimat ini sangat cocok digunakan. Setiap orang memiliki pribadi yang unik. Gunakan kepribadianmu, masukkan ke video pun. Misalnya barbar di PUBG Mobile. Memangnya semua orang gaya Barbar-nya sama? Tidak! Pasti ada keunikan.

Kecuali anda main Free Fire. Hahaha. Memang kenyataan jika temans membuat konten Free Fire, channelmu bisa sangat ramai. Bahkan ada bocah SD yang bermain Free Fire bisa sampai 2 jutaan Subs. Cuma modal main, edit video sedikit, taruh intro dan outro, jangan lupa Thumbnail dan Upload.

Saya yang Edit berhari-hari bahkan sampai mingguan. 100 Views pun tidak sampai, di-dislike pula. Lihatkan? Mungkin karena bocahnya jago untuk seumuran dia makanya itu unik dan ditonton orang (meskipun pakai Giveaway sih).

Buatlah Script atau naskah sebelum membuat konten. Pikirkan mau buat konten seperti apa. Dengan begitu kamu tidak bingung saat mencari bahan konten. Again, kecuali ada embel-embel Giveaway. Mau videomu tidak di-edit pun pasti ditonton. Mirisnya penonton Youtube di Indonesia.

Mulai saja dulu apa adanya. Smartphone sekarang sudah canggih! Bahkan bisa rekam 4K Videos. Jadi sudah tidak ada alasan untuk beli ini itu dulu sebelum mulai. Saya juga dari dulu dan sampai sekarang masih menggunakan Laptop Asus X550I yang butut ini. Yang cuma bisa menggunakan Filmora 9. (padahal saya ingin belajar Adode Premiere, ughh)

Untuk Niche atau topik. Pilihlah satu topik. Misalnya main Game, pilih satu game saja. "Free Fire" contohnya. Dengan begitu channelmu akan cepat naik. Youtube suka dengan channel yang fokus pada satu topik seperti ini. Jadi Youtube akan cepat paham tentang hal yang kamu bawakan di Channel-mu.

Topik gado-gado seperti saya meskipun Game, sangat lambat naiknya. Beh...

Yang terakhir adalah buat topik yang lagi dicari. Misalnya di Game Free Fire, lagi rame cara mendapatkan Skin Gratis. Silahkan buat tutorial untuk itu. 

Dijamin videomu akan diklik selama itu bermanfaat. Setelah itu temans bisa membuat konten lainnya yang menjadi hobbymu. 

Jujur Channel Youtube saja dibuat untuk League of Legends Wild Rift. Sayangnya malah diundur sampai dengan akhir tahun. Ya sudah, buat konten yang lain dulu. 

2. Editing

Setelah dapat bahan, kita harus edit. Ya tidak mungkin juga bahan mentahnya kamu Upload.

Jaman sudah semakin canggih di Smartphone temans bisa meng-edit video. Banyak Software yang dapat temans gunakan misalnya Kinemaster, Power Director, Filmora Go dan masih banyak lagi. Dan itu gratis! Kecuali seperti Kinemaster di mana kita harus bayar untuk versi premium.

Versi premium untuk menghilangkan Watermark di video hasil editan dan juga fitur lainnya di toko efek. Tapi jika temans ingin yang benar-benar gratis silahkan gunakan Power Director. Itu gratis tanpa watermark. Saya di sini tidak akan mengajarkan Mod, jadi silahkan Google sendiri.

Itu kuotanya dipakai buat belajar juga! Jangan cuma untuk Stalking mantan! Move On woy!

Editing pun tidak harus yang "WAH". Yang penting rapih dan tidak ada yang berbau 18+. Karena videomu akan dialihkan ke bagian 18+ atau bahkan di-Takedown. Satu hal lagi. Untuk Youtuber EXE Gameplay seperti saya, jika ingin menggunakan sebuah video atau musik pastikan itu Fair to Use. Tanya yang punya, aman tidak sama Copyright? Okeh?

Untuk yang laptop atau PC. Saya saranin temans untuk menggunakan Filmora 9 (ini bukan Endorse ya, boro-boro Endorse. Blog ini saja baru di-Monetize minggu lalu selama 2 bulan nge-blog).

Kenapa Filmora 9? Fiturnya simpel. Tinggal tarik sana sini. Jika temans sudah merasa mahir mungkin bisa naik ke Sony Vegas. Mau naik lagi? Gunakan Adobe Premiere. Adobe memang sudah untuk kelas para profesional. Bahkan Editor Hollywood pun menggunakan Adobe Premiere.

Untuk Intro ya, pastikan di bawah 10 detik. Dan langsung masuk ke topik pembahasan. Kita bukan Youtuber terkenal yang Intro 1 menit pun ditonton.

Untuk durasi video terserah. Mau 2 jam tidak ngapa-ngapain juga boleh!

Outro pun sama maksimal 20 Detik. Pastikan itu cukup agar orang bisa melihat video yang kamu rekomendasikan selanjutnya.

Ini juga menjadi dilema Intro dan Outro itu penting atau tidak? Menurut saya Intro itu tidak penting, lebih langsung masuk saja ke inti video. Tapi bagi beberapa orang, Intro itu penting karena dapat memberikan ciri khas. Jadi terserah temans. Bahkan PewDiePie pun sering tidak menggunakan Intro. Dia langsung masuk saja ke inti.

Outro sangat penting dan wajib di buatkan. Ada Youtuber yang langsung menaruh End Screen di beberapa detik terakhir video mereka. Boleh. Tapi akan lebih baik lagi jika temans membuat Outro sendiri. Selain rapih, itu juga akan memberikan nilai tambah. Selain itu temans bisa menaruh informasi lainnya seperti Facebook, IG dan sebagainya.

3. Thumbnail menarik

pubg mobile exe gameplay

Thumbnail itu layaknya brosur. Brosur bagus? Mungkin orang tertarik.Gambar di atas adalah salah satu Thumbnail di Channel saya. Tidak bagus-bagus amat. Tapi setidaknya ada Effort yang bisa dilihat. Daripada kamu hanya ambil gambar apa lalu kamu memberikan Text asal-asalan. Thumbnail ini mengenai PUBG Mobile EXE Gameplay di mana saya akan Rush seperti orang tolol.

Hal yang paling penting adalah bedakan antara Clickbait dan Misleading.

Clickbait misalnya seperti ini misalnya videomu tentang "Nasi Goreng". Temans bisa menaruh teks "Nasi Goreng terenak di Jakarta". Itu boleh. Meskipun mungkin tidak enak untuk kalian tapi menurut dia enak? Boleh dong?

Misleading. Temamu tentang "Nasi Goreng" tapi Thumbnail-mu tulis atau menggunakan gambar misalnya "Sate Padang". Itu salah ya.

Dulu Trend Misleading itu sangat populer. Di mana orang akan menaruh foto cewek seksi, otomatis banyak yang klik kan? Pas nonton, ternyata videonya main Game. Hahaha. Ini sebenarnya yang membuat marah Youtube dan terus mengganti Algoritma.

Temans bisa lihat Thumbnail Youtuber terkenal. Hati-hati jangan jiplak 100%, malah kena Copyright Strike. Belum terkenal tapi sudah kena Strike.

4. SEO

search engine optimization guide

Search Engine Optimization. Ini yang membuat videomu dapat ditemukan. Misalnya temans Tag-nya menggunakan "Nasi Goreng". Jika orang mengetik "Nasi Goreng" di kolom pencarian Youtube, maka kemungkinan ada videomu.

Kemungkinan? Karena susah sekali masuk ke halaman pertama.

Meskipun SEO ini hanya menambah sekitar 3% (menurut ahli SEO) kesempatan videomu bisa viral, tetap hal ini harus temans lakukan. Jujur Channel besar sudah tidak bermain SEO lagi. Nah itu kesempatan kita agar dapat bersaingan untuk halaman pertama di Youtube.

Akan tetapi ilmu SEO ini sangatlah rumit dan mendalam. Saya pun belum menyentuh Basic atau dasar SEO. Meski begitu ada hal-hal yang dapat temans lakukan untuk SEO ini.

Menentukan Keyword

Ada banyak sekali cara untuk mencari Keyword. Kali ini saya hanya membahas mengenai TubeBuddy.

TubeBuddy adalah aplikasi gratisan yang dapat temans gunakan untuk Research SEO. Ada versi Mobile dan Extension/Add-on di browser. Cara menggunakannya sangat mudah.

TubeBuddy mobile
  1. Buka Youtube dan ketikan di kolom pencarian misalnya "Nasi Goreng". Pastikan akan banyak sekali rekomendasi yang keluar. Itu sesuai dengan apa yang orang-orang cari di Youtube. Tapi kita tidak tahu mana yang bagus sebagai Keyword. Saya sarankan untuk memilih Keyword minimal 3 kata.
  2. Copy Keyword tadi ke "Tag Explorer" milik TubeBuddy.
  3. Akan muncul Score di situ. Tips saya adalah cari Total Score minimal 50. Tapi lihat Jumlah Pencarian juga. Kalau yang cari menggunakan Keyword itu sedikit, skip. Cari yang lain. Semakin besar Score kompetitor maka semakin kecil Total Score-nya. Tapi terkadang boleh temans coba, silahkan berekperimen.
  4. Jika merasa kurang, bisa kembali ke Youtube dan coba tekan "Spasi" pasti akan muncul lagi rekomendasi. Cari yang revelan atau sesuai topik videomu. Lalu Research lagi menggunakan TubeBuddy.
  5. Meskipun Total Score kecil tapi jika tingkat pencarian sangat banyak. Mungkin bisa dicoba. Itu sebabnya saya sebutkan di atas ilmu SEO itu sangat dalam. Kamu sudah paham Research Keyword seperti ini, belum tentu kamu sudah jadi paham SEO sepenuhnya. Selalu belajar, dan anggap kamu masih belum paham agar makin semangat belajar.
Simpel kan? Iya. Tapi ini hanya dasarnya saja. Jika temans malas seperti saya, gunakan saya Fitur pencarian Youtube. Ketika kira-kira Keyword apa yang akan diketik saat orang ingin mencari topik "Nasi Goreng". Ambil Keyword di urutan 1-3 paling atas. Tapi ingat, semakin panjang Keyword-mu semakin kecil kompetitornya. Jadi minimal 3 kata yang kamu ketikan.

Ada tips lagi untuk temans. Cari Keyword utama yang ingin temans gunakan. Misalnya "Nasi Goreng Terenak". Nah di File Video-mu itu ganti namanya menjadi "Nasi-Goreng-Terenak". Simbol "-" akan berubah menjadi spasi saat di Upload ke Youtube.

Magic!! Itu SEO loh. Jadi stop menggunakan nama Default atau nama asal-asalan!

5. Judul, Tags dan Deskripsi

Setelah riset SEO saat menggunakanya. 

cara mencari keyword populer di youtube

Pertama sudah saya jelaskan di atas mengenai nama File Videomu/

Kedua adalah Judul. Judulmu harus ada Keyword-nya. Dalam contoh yang saya ambil ada kalimay "Nasi Goreng Terenak". Kamu bisa buat judul seperti ini. "Nasi Goreng Terenak yang membuat saya ketagihan". Seperti itu. Ingat judul jangan terlalu panjang. Karena akan terpotong di beranda atau halaman pencarian.

Ketiga. Judulmu itu Copykan ke kolom Deskripsi paling atas dan juga di Tag-mu. Ini penting karena jika suatu Keyword ada di Judul, Kolom Deskripsi dan Tag maka akan memperkuat SEO-mu. 

cara mencari tag untuk youtube

Keempat. Semua Keyword yang sudah di-research di TubeBuddy copykan ke kolom Tags. Kita hanya bisa menggunakan 500 huruf. Jadi pergunakan baik-baik. Piliha Keyword dengan Score yang tinggi.

Kelima. Isi kolom Deskripsimu. Temans bisa menulis Sneak Peek atau sekilas mengenai videomu. Kamu juga bisa menyelipkan Keyword yang ada di Tags. Tapi buat senatural mungkin. Jangan Copy Paste. Contohnya saya haha. Tapi itu karena saya lagi bereksperimen dengan Algoritma Youtube.

6. Card dan End Screen

Card atau kartu ini adalah Link video kita atau orang lain yang bisa kita rekomendasikan selama video kita diputar. Ini dapat membuat mereka tahu akan video menarik lainnya.

End Screen adalah rekomendasikan video pada 20 Detik terakhir. Dengan kata lain Outro ya.

7. Subtitles

Subtitles juga SEO loh. Nyatanya adalah temans bisa menyelipkan Keyword di dalam Subtitles juga. Jadi jika punya waktu lebih silahkan buatkan.

8. Call to Action

call to action youtube

Semacam sugesti. Seperti "Jangan lupa Subscribe ya blablabla". Ingat ini sugesti jadi jangan ngemis. Temans juga harus mengatakan manfaat mereka Subscribe ke Channel kita. Jika kamu pemalu seperti saya, temans bisa menggunakan animasi klik Subscribe di video. Lalu menjelaskan manfaat mereka Subscribe ke channel saya.

Ajak mereka juga untuk Like, Komen dan Share. Masih ingat Algoritma Youtube yang saya jelaskan di atas? Jadi di 24 Jam pertama setelah videomu di-Upload, Youtube akan memantau videomu. Jika videomu mendapatkan Like, Comment dan Share yang banyak, dijamin Videomu akan disebar Youtube.

9. Upload

Jangan lupa set video sebagai "Publik" agar bisa ditemukan orang. Sesuaikan waktu Uploadmu. Misal videomu makan nasi goreng di siang hari. Bisa di-Upload sebelum jam makan siang (sebelum jam 12.00). Mungkin mereka tertarik dengan videomu dan mencari tempatnya. Iya kan?

Dengan begitu kamu juga dapat membantu penjualnya mempromosikan nasi gorengnya. Melakukan sesuatu yang baik akan memberikan hal yang baik juga. Untuk Niche Game seperti saya. Mungkin Jam 12.00-20.00 WIB. Di mana di jam itu orang sedang beristirahat dan mencari hiburan.

10. Konsisten

Anda harus sering Upload. Saya tidak menyuruhmu untuk Upload tiap hari. Ingat, kunci utama adalah kualitas. Jika kamu butuh seminggu untuk konten berkualitas, silahkan. 

Daripada tiap hari kamu upload tapi kualitas videonya asal-asalan. Ya susah. Akan tetapi jika temans yakin tiap hari bisa membuat konten yang bagus. 

Saya sangat menganjurkan. Again, Youtube suka kuantitas. Semakin lama durasi dan jumlah videomu, apalagi sudah di-monetize. Tanpa disuruh pun Youtube akan sebar video kita. 

11. Berdoa

berdoa

Usaha sudah. Saatnya berdoa. Semoga video kita disukai orang. Meski Channel saya sepi, pernah video saya tembus 400-an Views dan itu suatu pencapaian yang patut disyukuri.

Kira-kira ini yang dapat temans lakukan. Temans juga dapat Share ke Media Social. Tapi ingat lihat peraturan di situ. Boleh tidak Share Link Youtube. Dan juga jangan terlalu banyak Share Link dalam sehari, karena akan dianggap BOT. Ini terjadi ke akun Facebook saya yang Cindah Gaming.

Dianggap BOT dan di-banned permanen. Alhasil saya hanya bisa Share Link menggunakan Akun Facebook saya yang asli.

Dilema Youtube

Ironisnya adalah Youtube lebih suka Channel yang sudah di-monetize. Jelas dong, karena dia bisa pasang iklan di situ. Makanya banyak sekali yang buru-buru ingin ke 1000 Subs. Dengan cara ilegal apalagi. Tapi saya sendiri tidak akan melakukan cara ilegal itu. Biarlah Channel saya hanya 60-an Subscribers. Yang penting itu karena mereka suka konten saya.

Era Giveaway (Akhir dari masa keemasan Youtube?)

Youtube tanpa Giveaway itu seperti Nasi tanpa lauk pauk. Kenyataannya seperti ini. Lihat konten Giveaway itu sangat ramai. Tapi lihat kontennya. Bagus? Menurut saya tidak sama sekali. Karena mereka fokusnya ke Giveaway bukan ke konten videonya.

Giveaway memang cara tercepat mendapatkan Subscriber. Saya kalau adain Giveaway bisa saja sebulan 100.000 Subscribers. Tapi saya tidak mau. Karena mereka datang ke channel saya hanya untuk Giveaway, bukan untuk menonton saya.

Jadi bijaklah. Kecuali anda seperti "MrBeast". 90% uangnya untuk konten, 10% diambil sebagai profit. Kalau di Indonesia? Terbalik. 90% masuk kantong, 10% untuk Giveaway.

Drama dan Klarifikasi

youtuber giveaway indonesia 2020

Masih ramai. Jadi jauhi hal ini. Memang bisa buat kamu terkenal atau mungkin bisa masuk Podcast 5..4..3..2..1 Close the Door! milik Om Deddy Corbuzier. Tapi kamu akan dicap sebagai Drama Queen bukan sebagai Content Creator.

Youtuber atau Content Creator

Menurut saya istilah Youtuber sudah berbeda. Youtuber hanya untuk mereka yang sudah sukses di Youtube.

Sedangkan Content Creator adalah pembuat konten mau di Youtube, Instagram di mana pun itu. Anda bisa Survive atau bertahan hidup. Contohnya saya. Saya juga main blog. Dan blog ini dalam 1 bulan sudah bisa Monetize dibanding Channel Youtube saya yang sudah 5 Bulanan.

Itu sebabnya saya lebih fokus ke Blog sekarang. Ya percuma juga kan saya cape-cape edit video tapi tidak pernah direkomendasikan Youtube. Meskipun begitu saya tetap konsisten buat konten di Youtube. Dengan catatan, buat saja mau ditonton atau tidak pun tidak masalah.

Blog saya menggunakan SEO sudah pasti, jadi bisa ditemukan di Search Engine atau alat pencarian. Sebenarnya SEO di Youtube jauh lebih mudah. Hanya saja ya itu. Video kita tidak mau direkomendasikan. Kecuali, jumlah Watchtime, Like, Comment dan Share kita besar.

Youtube tidak peduli kontenmu apa. Lihat konten Giveaway yang selalu nonggol di Trending Youtube. 

Saya di sini tidak menakut-nakuti anda sebagai atau mungkin mau menjadi Youtuber, Saya cerita seperti ini agar temans tau situasi di Youtube. Biar temans bisa Ready to Fight seperti saya. Dan tidak menggunakan cara instant seperti Giveaway.

Terserah anda. Mau diingat sebagai tukang Giveaway atau sebagai Content Creator. Ingat. Duit bukan hanya dari Adsense. Masih banyak cara untuk mendapatkan duit dari Channel kita. Dan itu akan saya bahas di artikel berikutnya.

Dan saya yakin temans sudah mendengar rumor syarat Monetize Youtube naik lagi. Nah loh? itu akan saya bahas juga di artikel berikutnya. Satu paket dah sekalian dengan cara cari duit selain adsense.

Akhir kata... 

"Mulai dulu, untuk mencapai sesuatu. Sambil belajar dan nikmati proses. Suatu hari kita akan berdiri di tempat yang sama seperti mereka yang sudah sukses..."

Salam Sukses... ( sudah seperti motivator saya, mungkin bakat terpendam haha)

Post a Comment for "Tips menjadi Youtuber untuk pemula 2020"

Jadi temans diskusi