Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips agar HP awet bertahun-tahun

Tips agar hp awet

Cindah.com - Smartphone atau HP sudah menjadi pendamping hidup kita. Banyak sekali manfaat teknologi pada Smartphone yang dapat kita gunakan. Terutama mencari informasi di dunia maya. Internet Surfing atau menjelajah di internet kerap menghabiskan waktu kita, sampai kita lupa waktu. Ini yang membuat HP kita kadang cepat rusak. Nah kali ini Cindah akan memberikan tips agar HP awet bertahun-tahun. 

Terutama bagi Gamers nih. Di mana mereka biaa menghabiskan minimal 3 jam dalam sehari hanya untuk bermain Game Mobile. Bermain membutuhkan spesifikasi yang mumpuni. Pemakaian dalam jangka lama akan membuat Smartphone menjadi panas. Merek apa pun, pasti akan mulai panas jika digunakan berjam-jam. 

Agar HP dan kantongmu bisa awet lakukan tips di bawah ini. Tips ini sederhana tapi dampaknya luar biasa. 

Tips merawat Smartphone agar awet

Gunakan Charger Original

Semua merek pasti akan ada bawaan Charger atau alat casnya. Charger original suatu brand memiki watt yang sesuai. Banyak sekali yang suka menggunakan Charger KW atau merek lain (selama port-nya sama) dan juga menggunakan Power Bank. Kesalahan yang sangat fatal. 

Kenapa? 

Jelas karena tidak sesuai antara output dan input dayanya. Masalah yang kerap timbul adalah baterai kembung. Dan juga baterai meledak, meskipun sangat jarang terjadi saat ini. Kepala Charger itu jarang rusak, kecuali ada konslet. Yang biasa rusak itu kabelnya. Jadi beli saja kabelnya. 

Nah jika chargermu rusak, belilah yang original. Memang sangat mahal dibanding dengan charger KW yang harganya hanya puluhan ribu. Tapi telepon gengammu akan lebih awet. Pilih mana? Ganti HP apa ganti Charger? 

Bersihkan layar

Terutama bagi kalian yang masih ngotot tidak mau pakai Tempered Glass atau anti gores. Menggunakan anti gores bukan hanya untuk tidak melukai permukaan layar tapi bisa untuk hal lainnya seperti mencegah kotoran. Meskipun layarmu sudah menggunakan Gorilla Glass, tetap gunakan anti gores. 

Layar selalu bersentuhan dengan jari kita. Jari kita itu sarangnya kotoran, belum lagi keringat. Kotoran dan cairan inilah yang membuat layar kita semakin lama semakin tidak responsif. Jangan salah loh, ganti layar tu mahal banget. Kecuali mau pakai yang KW, yang mungkin sebulan sudah rusak lagi. 

Lantas bagaimana membersihkan layar yang benar? 

Gunakan kain fiber atau tisu wajah. Tapi saya lebih merekomendasikan menggunakan kain fiber karena dapat menyerap debu. Kain fiber itu yang seperti apa? Pernah lihat di kotak kacamata ada semacam kain kan? Nah itu kain fiber. Kain itu sangat halus dan sangat efektif untuk menyerap debu dan kotoran. 

Satu hal lagi. Jangan dibasahi kainnya. Apalagi yang menggunakan alkohol. Alkohol jauh lebih berbahaya dari air biasa. Layarmu akan lebih cepat rusak jika terkena alkohol. Ini juga termasuk pengalaman pribadi saya dulu. Saya sering menggunakan alkohol untuk membersihkan layar. Alhasil menjadi tidak responsif. 

Gunakan Case yang sesuai

Banyak sekali Smartphone Case yang beredar, dari Hardcase, Softcase dan masih banyak lagi. Menggunakan Case sangat dianjurkan karena dapat melindungi body asli HP. Selain itu, saat jatuh pun palingan yang rusak Case-mu bukan body HP. Jadi sewaktu-waktu jika ingin dijual kembali harganya tidak jatuh. 

Tapi kamu tidak boleh sembarang memilih Case. Tahukah kamu jika menggunakan Case yang terlalu tebal akan membuat HP-mu bertambah panas? Apa lagi saat dicas. Di mana dengan teknologi Fast Charging saat ini, HP akan cepat tambah tapi baterai cepat terisi. Case yang tebal akan membuat Soul Mate-mu ini menjadi strika. 

Bijaklah memilih Case. Pilihlah yang tipis dan berbahan ringan. 

Suhu ruangan

Ya suhu ruangan juga mempengaruhi. Semakin panas suhu ruangan maka HP kita akan cepat panas juga. Jadi bagi kamu yang suka menggunakan Smartphone di luar ruangan, hati-hati. Terutama jika terkena sinar matahari langsung. Minimal berteduh dulu sebelum menggunakan HP. 

Jangan dicas sampai 100%

Kebiasaan teman-teman apalagi orang tua, HP-nya dicas sampai 100%! Jika kamu terus melakukan, baterai akan cepat kembung. Lantas bagaimana agar kita bisa bermain HP lebih lama? Belilah HP dengan kapasitas baterai yang besar dan juga turunkan brightness atau pengcahayaan ke sekitar 20-30%, guna menghemat daya. 

Jangan biarkan sampai bateraimu di bawah 50%. Dan cas sampai sekitar 80%-an saja. Dengan begini bateraimu akan awet. Satu hal lagi yang harus kamu ingat. Jangan sampai bateraimu habis dan tidak diisi daya dalam jangka waktu yang lama! 

Mungkin cerita saya akan sedikit menyeleweng tapi masih ada kaitannya. Laptop saya pernah saya biarkan dalam keadaan tanpa daya selama semingguan (karena pergi liburan). Tahu apa yang terjadi saat dipakai lagi? Rusak total! Saya yakin sama saja dengan Smartphone karena menggunakan baterai. 

Laptop yang lebih kuat saja bisa rusak, apalagi HP? Think again. 

Hapus aplikasi tidak terpakai

Aplikasi menggunakan RAM, semakin banyak aplikasi maka semakin banyak RAM yang terpakai. Karena ada beberapa aplikasi yang berjalan di background atau belakang layar. Itu benar jika Operation System atau OS sudah mengambil jatah RAM-nya tapi ada kala dia akan membutuhkan RAM lebih. Misal untuk Update. 

Dengan jumlah RAM yang sedikit akan membuat HP-mu menjadi sangat lambat. Biasanya berujung pada HP akan menjadi panas karena dipaksa kerja dengan RAM yang sedikit. 

Jangan main sambil dicas

Kebiasaan para bocah Gamers. Maaf saja saya harus keras akan hal ini. Karena rata-rata bocah suka bermain HP sambil dicas. Hey, saat main Game HP-mu sangat panas, bayangkan sambil dicas. Panas + panas = ? Bisa-bisa meledak. 

Smartphone jaman now memang sudah dilengkapi dengan fitur pemberitahuan saat Overheat. Tapi jangan terlalu bergantung pada fitur ini. Sering malah notifikasi ini dihiraukan dan lanjut bermain. Mantap jiwa. Lanjutkan, lanjutkan saja sampai rusak. 

Jauhkan dari barang elektronik lainnya

Barang elektronik yang bermedan magnet misal TV. Coba kamu dekatkan dengan TV, pasti akan mulai bunyi kan? Nyatanya memang Smartphone sangat fragile terhadap barang elektronik bermedan magnet. Jadi taruh saja di tempat yang agak jauh. Minimal 1-2 meter. 

Mudah kan tips yang Cindah berikan? Tidak susah, yang penting hal kecil ini bisa dijadikan kebiasaan sehari-hari. Tanpa sadar kamu akan terbiasa. Smartphone jaman now bisa bertahan sampai 5 tahun. Bahkan Samsung Galaxy S6E saja bisa bertahan sampai 6 tahun. Sebelumnya akhirnya keok. 

Padahal digunakan setiap hari untuk keperluan nge-game. Kenapa bisa awet? Karena saya lakukan tips di atas. Kecuali telepon gengam jadul. Bisa 10 tahunan loh? Apalagi merek Nokia. Haha. Tapi memang karena teknologinya masih minim jadi penggunaan daya masih minim. 

Semoga bermanfaat... 

Post a Comment for "Tips agar HP awet bertahun-tahun"

Jadi temans diskusi