Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sistem Monetize Youtube diganti lagi?

Kebijakan baru youtube

Saya yakin pasti temans sudah mendapat Email dari Youtube yang mengatakan bahwa akan ada perubahan pada sistem monetize mereka. Ya itu benar sekali monetize dirubah lagi dan sudah mulai dibahas oleh para Influencer yang bergerak di bidang per-Youtubean. Mungkin bagi Channel besar tidak masalah, tapi channel kecil? 

Apa itu Monetize?

Diuangkan. Jadi video kita bisa dipasangin iklan seperti TV dan Creator/Youtube bisa mendapatkan uang dari situ. Lebih dikenal sebagai Youtube Partnership Program. Tidak semua bisa daftar karena Youtube sudah lama membuat syarat baru. Yakni wajib 1000 Subscribers dan 4000 Watchtime (Jam tayang). 

Inilah yang selalu dikejar para Youtube agar bisa di-monetize termasuk saya juga (maklum channel abal-abal belum 1000 subs). Mendapatkan Subscribers bukannya hal yang mudah terutama di Indonesia. Itu sebabnya saya mencoba membuat video untuk International menggunakan Bahasa Inggris untuk menarik Subscribers luar. 

Lalu apa masalahnya dengan Channel kecil? 

Kadang kalian akan menemukan iklan pada channel kecil yang belum di-monetize. Itu karena videonya terkena copyright claim. Jadi misalnya ada musik yang kena copyright di dalam video tersebut, maka pada durasi musik itu kemungkin besar akan muncul iklan. Jadi sekarang paham kan? Uangnya ke mana? Ya ke yang punya copyright. 

Mungkin bagi Youtube memasang syarat monenitasi yang sekarang sangat efektif. Ternyata tidak loh. Nyatanya menurut para pakar Ads Revenue (nilai iklan) di Youtube terus menurun.

Banyak bilang juga kalau sistem ini jadi diimplementasikan channel besar juga akan kehilangan Ads Revenue karena banyak iklan akan disebar. Yang menyebabkan iklan di channel mereka nilainya turun. 

Nah ada beberapa hal yang diganti. Tapi yang akan saya bahas adalah pemasangan iklan di channel yang belum di-monetized. 

Asyik dong bisa pasang iklan? TIDAK! 

Mereka pasang iklan tapi kamu tidak dapat apa-apa. 1 rupiah pun tidak akan dapat. Intinya adalah mereka ingin memasang iklan di tengah-tengah videomu meskipun belum di-monetize untuk menyebar iklan-iklan ini agar Ads Revenue Youtube naik lagi. 

Konyol kan? Iya benar sekali. Mereka yang ganti aturan tapi sekarang ingin memaksakan kehendak. 

Apa pengaruh bagi channel kecil? Channel kecil bergantung pada kualitas konten. Mereka ingin video mereka ditonton full agar watch time naik. Bayangkan lagi asyik nonton tiba-tiba ada iklan di tengah, keganggu kan? Sudah pasti orang akan enggan mengklik channel tersebut lagi. Sudah pasti  Click Rate turun gratis. Dan Algoritma Youtube tidak akan merekomendasikan Channel kita lagi. 

Ada juga kabar yang mengatakan bahwa syarat monetize akan naik lagi menjadi 5000 jam tayang. Menurutnya memang akal-akalan Youtube agar channel kecil tidak bisa monetize. Jika mereka memasang iklan di channel kecil, semua profit masuk ke mereka dan tidak dibagikan ke para Creator yang bergabung dalam Youtube Partnership Program yang saya sebutkan di atas. 

Mereka ingin seperti Twitch. Di mana memaksakan iklan di channel-channel kecil. Ini terjadi karena memang sampai saat ini belum ada platform lain yang dapat menyaingi Youtube. Bahkan banyak sekali creator yang menantang kebijakan baru ini. Tapi Youtube adalah milik mereka, dan creator tidak punya hak mengatur mereka. 

Meskipun tanpa creator maka tidak ada Youtube. 

Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan sebagai channel kecil? Tentunya dengan cepat-cepat di-monetize. Jujur saja dengan begini akan semakin marak subs for subs atau tukeran subs atau padamkan si merah blabla. Terutama di Indonesia, yang sangat sering ditemui terutama di grup-grup Facebook. 

Pada tahun 2021 algoritma Youtube akan berubah lagi karena kebijakan baru ini. Saya hanya berharap agar channel kita bisa lebih mudah ditemukan orang. Jadi misalnya jika kamu menonton channel kecil tapi ada iklannya di tengah-tengah, maklumi saja karena itu kebijakan baru Youtube. 

Nasib kami Youtuber kecil akan kelihatan saat kebijakan baru ini terapkan. Saya akan terus menulis artikel dan membuat video, tapi cukup pesismis ketika orang-orang yang sudah kenal dengan channel saya akan kabur karena Ads. Karena masalah iklan yang mereka paksakan ini. Kecuali channel saya sudah di-monetize. 

Rip small channel youtube

Itu benar kalau kita memakai server Youtube secara gratis. Tapi tanpa creator siapa yang mau buat video dan upload ke Youtube? Masa orang Youtube sendiri yang buat? Bukannya Youtube itu adalah sebagai Platform alias sarana sharing? Malah sudah diganti menjadi sarana bisnis. Jadi sharingnya sudah tidak dipakai. 

Posting Komentar untuk "Sistem Monetize Youtube diganti lagi?"

Jadi temans diskusi